HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN SIKAP BERWIRAUSAHA
Nugraha Saefudin dan Restu Adtyawarman

Abstrak

Perekonomian Indonesia saat ini sedang mengalami keterpurukan, dimana krisis ekonomi yang berkepanjangan telah menyebabkan beragam permasalahan yang kompleks, mulai dari pengurangan jumlah karyawan yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan berupa pemutusan hubungan kerja (PHK) sampai dengan penutupan usaha. Untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan menumbuhkembangkan kewirausahaan dan sebagai salah satu cara untuk memiliki sikap berwirausaha adalah dengan mengikuti diklat kewirausahaan.

Penelitian dilakukan dalam rangka penulisan skripsi yang berjudul : “Hubungan Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan dengan Sikap Berwirausaha Santri mukim Daarut Tauhiid Bandung”.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tersebut adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dengan sikap berwirausaha santri mukim Daarut Tauhiid Bandung.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melalui penyebaran kuesioner pada santri mukim Daarut Tauhiid Bandung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu uji korelasi Rank Spearman.

Dari hasil analisis rank spearman di peroleh rs sebesar 0,613 yang menunjukkan adanya hubungan yang cenderung kuat antara pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dan sikap berwirausaha santri mukim. Untuk menguji tingkat signifikan digunakan uji t, maka dihasilkan t hitung sebesar 5,028 lebih besar dari t tabel yaitu 1,682, maka hipotesis yang penulis ajukan yaitu : “Terdapat hubungan antara pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dengan sikap berwirausaha santri mukim”, dapat diterima.    
 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login